Senin, 18 Juli 2016

Aqsam Al-Quran

Edit Posted by with No comments


A.      Pengertian Aqsam Al-Quran
Istilah Aqsam Al-Quran terdiri atas dua kata yaitu Aqsam dan Al-Quran, kata Aqsam adalah bentuk jamak dari aqsam,berarti “Sumpah”. Adapun pengertian secara Terminologi adalah mengikat jiwa dan hati agar tidak melakukan sesuatu. Definisi Sumpah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah Pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau seusatu yang dianggap suci bahwa apa yang dikatakan dan dijanjikan itu benar.
Dalam buku Mahabis fi Ulum Al-Qur’an juga dikemukakan bahwa aqsam yang bntuk jamak dari qasam ini juga berarti al-hilf dan al-yamin asrtinya sumpah. Sumpah ini dinamakan Yamin karena orang Arab ketika sedang bersumpah memegang tangan kanan sahabatnya, dan juga diibaratkan memelihara seuatu identik menggunakann tangan kanan.
Adapun secara Termilogi qasam artinya mengikat hati agar tidak melakukan sesuatu dengan suatu makna yang dipandang  besar, baik secara hakiki maupun i’tiqadi oleh orang yang bersumpah.
B.      Macam-macam Sumpah
Menurut manna’ khalil al-Qathan, qasam adakalanya zhahir(tegas dan jelas) dan ada kalanya mudhmar(tidak jelas, tersirat). Zhahir ialah sumpah yang didalamnya disebutkan fi’il qaam dan muqsam bih, seperti terdapat pada Q.S Al-Qiyamah : 1-2
Sedangkan mudhmar yaitu yang didalamnya tidak dijelaskan fi’ill qasam dan muqsam bih, tetapi ditunjukan oleh lam taukid yang termasuk kedalam jawab qasam, seperti terdapat pada Q.S Ali Imran : 186
Sumpah yang dilakukan Allah SWT dalam Al-Quran berkisar dua hal. Dia bersumpah dengan Diri-Nya yang menunjukan kebesaran-Nya. Dalam hal ini terdapat tujuh ayat dalam Al-Qur’an(disebutkan satu saja) yaitu Q.S At-Taghabun : 7. Dia bersumpah dengan makhluk-Nya. Pada bagian ini cukup banyak dalam AL-Qur’an seperti “Demi matahari dan cahayanya dipagi hari”
Dan sesekali Allah bersumpah dengan Nabi Muhammad SAW. Karna kedudukan dan kemuliaannya di sisi Allah(H.R Ibnu Abbas), yaitu dalam surah Al-Hijr ayat 72. Sementara, sumpah bagi hamba Allah tidak boleh kecuali dengan nama Allah SWT. Seperti kata Nabi SAW “Barang siapa yang bersumpah selain Allah maka dia telah melakukan syirik.” (H.R. Ahmad).

C.      Huruf-Huruf Qasam
Ada tiga huruf yang digunakan, yaitu :
1.       Huruf Wawu
2.       Huruf Ba
3.       Huruf Ta
D.      Unsur-unsur Qasam
Qasam terbagi menjadi tiga unsur yaitu adat Qasam, muqsam bih, muqsam ‘alaih
1.       Adat Qasam
Adalah saghat yang digunakan untuk menunjukan Qasam, baik dalam bentuk fi’i maupun huruf seperti ba,ta dan wawu sebagai pengganti fi’il Qasam.
2.       Al-Muqsam Bih
Adalah sesuatu yang dijadikan sumpah oleh Allah. Sumpah dalam Al-Qur’an ada kalanya memakai nama yang Agung (Allah) ada juga memakai nama Makhluknya
3.       Al-Muqsam Alaih
Merupakan suatu pernyataan yang datang mengiringi Qasam, berfungsi sebagai jawaban dari Qasam
E.       Tujuan Aqsam Al-Qur’an
Qasam merupakan salah satu penguat perkataan yang masyhur untnuk memantapkan dan memperkuat kebenaran sesuatu didalam jiwa. Al-Qur’an diturunkan untuk seluruh manusia, dan manusia bermaam-macam dalam menyikapinya. Ada yang meragukan ada pula yang sangat memusuhi karena itu lah dipakai Qasam dalam Kalamullah guna menghilangkan keraguan, melenyapkan kesalah pahaman, mengakkan hujjjah, menguatkan khabar dan menerapkan hukum dengan Sempurna.


Penulis

Rizqi Wijaya

0 komentar:

Posting Komentar