Senin, 09 November 2015

Hari gini masih bingung milih PTN ?

Edit Posted by with No comments
Hello gaes..
setelah lama gue ga mem-post-ing sesuatu, akhirnya gue sekarang punya kesempatan buat mem-post-ing lagi..
well, sekarang gue mau berbagi sama lo semua CARA TEPAT MEMILIH PTN JUGA JURUSANNYA. Kenapa sih gue harus berbagi post ginian? Penting banget? Yap, menurut gue ini penting banget. Karena ini bisa mempengaruhi masa depan (kuliah) lo. Lah ko? Ya emang sih, banyak diantara lo semua lebih memilih PTS. Tapi, banyak juga kan yang lebih memilih PTN? Iya kan? Contohnya gue, gue juga awalnya galau pisan mikirin ginian. Gue mau di PTN mana? Fakultas apa? Jurusan apa? Dll. Tapi, yap tapi tapi lagi. Gue dah ga bingung, setelah gue konsul bulak balik ke guru BK gue, emak bapak gue, kakak gue, juga alumni- alumni. So, sekarang gue bakalan berbagi itu semua. Cusss...
1.       Niat dan Berdoa
Lo ko?Niat dan Berdoa yang pertama? Yap, lo pertama-tama harus melakukan itu  dulu,segala sesuatu harus didasarkan oleh itu ya gaes. Kalo lo ga niat, ya gimana coba? Ya kan? And then, jika lo udah niat, minta petunjuk kepada Tuhan Yang Maha Esa. Contohnya kalo lo Islam (karena gue Islam, jadi gue ngambil contoh dari Agama gue sendiri), lo bisa solat istikhoroh, solat tahajud, dhuha, dan jangan lupa solat wajibnya juga,  lo minta petunjuk buat masa depan lo, supaya lo ga salah ngambil pilihan.
2.       Lebih milih mana antara Jurusan atau Universitasnya?
Jadi gini, kalo lo lebih milih jurusan, lo harus siap di mana pun univ nya nanti. Example, lo nilih jurusan kedokteran, lo udah srek banget sama tu jurusan, lo harus bisa cari peluang di mana jurusan kedokteran yang masih banyak peluangnya. Tapi, kalo lo lebih milih univnya, example lo udah love banget sama Universitas Indonesia, lo cari tu peluang yang besar, yang kira-kira lo udah pasti bisa masuk di jurusan itu.
3.       Cari tau akreditasinya
Banyak yang bilang, kalo mau di PTN minimal akreditasinya B, tapi kalo di PTS minimal A. Gitu sih. Untuk tau akreditasi, cek di google “Akreditasi BAN-PT”
4.       Tentuin sendiri dulu
Ok, maksud gue gini. Lo pikirin dulu mateng-mateng, apa yang lo minati, apa yang lo mau, dan kira-kira apa itu jurusannya. Oh iya,  banyak yang bilang sih pilih jurusan yang sepi peminat biar lo gampang masuknya. ok, kalo emang lo punya tujuan buat milih yang kayak gitu, gue mau tanya, di jurusan yang sepi peminat itu lo minat ga? Kalo lo ga minat, tips dari gue mending gausah dipilih. Why? Karna misalnya gini, lo ambil jurusan itu tapi dengan keadaan lo ga minat ya, karna lo Cuma milih jurusan yang sepi peminat, INGET YA CERITANYA LO GA MINAT SAMA TU JURUSAN. Trus pas pengumuman lo keterima, okelah pas semester-semester awal lo masih bisa mengatasinya(ex; tugas, ujian, dll), tapi lo liat disemester berikutnya, masih bisa ngatasi ga? Kalo lo bisa, itu bagus, bagus banget banget malah. Tapi kalo lo ga bisa mengatasi , duh sayang banget kali. So, menurut gue lebih baik lo milih jurusan yang lo minati, supaya lo menjalaninya seneng, rajin, dan bisa dapet hasil yang maksimal. Ya itu sih tips atau saran dari gue, semoga bisa jadi pertimbangan lo lagi. Ok next lo tentuin di mana lo mau kuliah, ex; UI. Jangan lupa ya, untuk milih tempat, lo harus berpikir panjang, inget segala sesuatu bisa saja terjadi :-)
5.       Konsul sama Orang Tua dan Orang-orang sekitar
Ya lo selanjutnya harus mengkonsultasikan apa yang udah lo tentuin tadi. Example lo mau jadi Dokter, lo konsul dulu tu ke mereka semua. Kalo mereka ga setuju, lo tanya baik-baik kenapa mereka bisa ga setuju? Trus, lo omongin deh tu bae-bae, lo jelasin juga kenapa lo mau ngambil jurusan itu. Please, jangan suka memaksakan kehendak BANGET. Why? Dari pada lo nanti kekeh ngambil jurusan itu tanpa persetujuan ortu lo terlebih, trus lo keterima dijurusan Kedokteran, contohnya. Trus lo tiba-tiba dateng ke emak bapak lo dengan bangganya lo bilang, “ Mak, Pak, Aku keterima kedokteran di Univ blabla”. Trus Emak lo bilang, “ Gak, Emak ga setuju”. DHUAAARRR.... dan itu semua sia-sia, DAN JUGA INGET ADEK KELAS LO. Kasian woy nanti mereka jadi susah mau masuk Univ itu.
Ya tapi semoga aja apa yang lo mau, ortu lo langsung setuju. Sip.
6.       USAHA
Inget, setiap usaha gada yang sia-sia. Lo usaha aja dulu, usaha lagi, usaha terus. Usahanya gimana sih? Ya banyak sih, contohnya berdoa dan belajar. Jangan pantang menyerah.

Gaes, Jika emang ga lulus dipilihan lo yang sekarang. Itu bukan karena lo salah pilih juga, mungkin ada faktor lain. Contohnya lo kurang berdoa dan belajar. Atau mungkin Tuhan telah menyiapkan rencana yang lebih baik dari ini. Inget ya, lo harus selalu berfikiran positif. Jangan sampe karena lo ga lulus PTN, lo sampe punya niat buruk. PLEASE DEH AH, hidup itu banyak jalan :)

Oke, gue kira untuk yang sekarang cukup dlu, sorry jika emang banyak banget kekurangan, gue butuh kripik pedes lo gaes :D semoga kita bisa semua BISA LULUS MASUK ke PTN yang kita MAU AAMIIN YA ALLAH, yang mau masuk IPB, semoga kita bertemu ya.. AAMIIN YA ALLAH

Terimakasih udah ngeluangin waktunya untuk baca ini, semoga bermanfaat byeeeeee :D

0 komentar:

Posting Komentar